Cara Memasang Domain Gratis Freenom ke Blogspot

Sebelumnya saya sudah membuatkan tutorial dasar tentang 'cara membuat blogspot kriteria google adsense dan Cara Membuat Akun Freenom Domain Gratis (.ga, .tk, .cf dan .ml) '. Nah, untuk selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai cara memasang / menghubungkan domain gratis freenom ke blogspot. Maksudnya gimana sih gan? Mungkin ada yang bertanya seperti itu? Gini, saya akan sedikit jelaskan, kan domain blogspot yaitu .blogspot.com, sedangkan freenom mempunya domain gratis yang pendek dan lebih bagus diantaranya .ga, .ml, .tk dan .cf. Jadi domain yang sebelumnya, misal domain di blogspot yang kalian buat adalah tsucommunity.blogspot.com, bisa kalian ganti dengan tsucommunity.ga atau tsucommunity.tk dan domain gratis lainnya dari freenom.

Menghubungkan / memasang domain freenom ke blogspot tergolong mudah, karena freenom mempunyai kecepatan update DNS Server tercepat dibandingkan penyedia layanan hosting dan domain yang ada di Indonesia. Mungkin dalam waktu 2-5 menit domain freenom sudah bisa digunakan, sedangkan layanan di Indonesia membutuhkan kurun waktu 1-5 Jam untuk menghubungkan domain mereka ke blogspot.

Apasih gunanya dihubungkan?
Melihat panjanganya kata blogspot, membuat orang susah untuk mengingat nama domain. Berikut menurut saya keuntungan untuk menghubungkan / memasang domain freenom ke blogspot:
Mudah diingat orang, karena domain tergolong pendek (.ga, tk, dkk)
Support untuk membuat akun google adsense non hosted
Lebih simple dan lebih elegan
Lebih keren
Menambah wawasan dan lain sebagainya.
Selanjutnya, mari kita simak cara menghubungkan domain gratis freenom ke blogspot:

1. Buka Account freenom yang telah dibuat (jika belum punya, silahkan buat dan lihat caranya disini)
2. Buka Account blogspot (blogger) dan masuk ke menu setelan (jika belum punya buat blog caranya langsung baca saja disini)
3. Pada menu setelan dasar, Siapkan URL Pihak ke-3 untuk Blog, tepat dibawah domain blogspot.




4. Selanjutnya, masukkan nama domain freenom yang telah saya buat www.tsucommunity.ga, kemudian klik simpan.
5. Maka akan muncul error URL, selanjutnya, copy satu persatu Host Name ke Manage DNS di Freenom.

Buka Freenom, My Domain --> Manage Domain dan Manage Freenom DNS



Masukkan Name (www dan nqfqweunomwu (bisa berubah-ubah) ke Host Name freenom.
Untuk Type pilih CNAME, TTL gak usah diubah kemudian target isi sesuai target Host Name Seperti gambar dibawah:

6. Setelah itu, masukkan Record IP Google. IP Google sebagai berikut:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Masukkan IP tersebut pada kolom target. Dengan Type = A. Seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya klik Simpan, jika semua benar maka akan muncul notifikasi Successfully.
7. Kembali ke blogger, setelah setelan sudah selesai, maka tunggu 2-5 menit. Kemudian simpan perubahan domain. Jika masih error, tunggu beberapa menit dan simpan lagi.


8. Jika domain sudah berubah, selanjutnya edit kembali domain pihat ke-3 dan centang alihkan domain kamu, misal tsucommunity.ga ke www.tsucommunity.ga. Ini bertujuan ketika seseorang akses tanpa www didepan, maka otomatis langsung direct ke www. Jangan lupa simpan lagi.





9. Pemasangan domain telah berhasil silahkan kamu bisa coba cek domain www.tsucommunity.ga
Demikian, tutorial mengenai Cara Memasang Domain Gratis Freenom ke Blogspot, semoga dapat menambah pengetahuan kalian dalam dunia blogspot. Penulis mengharapkan kepada teman-teman untuk menyebarluaskan artikel ini baik media sosial maupun blogspot kalian dengan catatan menuliskan sumber artikel ini. Selamat mencoba !

Sumber :

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.